Privatisasi BUMN

Privatisasi adalah penjualan saham perusahaan perseroaan ,baik sebagian maupun seluruhnya kepada pihak lain, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja atau nilai dari suatu perusahaan serta memperluas saham oleh masyarakat yang nantinya akan memberikan manfaat besar bagi negara dan masyarakat.

Tujuan dari di adakannya privatisasi adalah agar usaha maupun karyawan yang bekerja dari perusahaan tersebut menjadi lebih berkembang dan sejahtera. Dan yang paling diharapkan adalah usaha tersebut tidak membebani negara dan mampu menutup defisit APBN.

Privatisasi BUMN yang terjadi di Indonesia telah menimbulkan berbagai macam kontroversi dari masyarakat. Sebagian masyarakat setuju dengan privatisasi selama privatisasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi negara dan masyarakat, sementara di sisi lain masyarakat menolak privatisasi karena dianggap tidak nasionalis dan menghabiskan aset  negara.

Jika kita melihat kasus penjualan beberapa aset negara di Indonesia seperti : PT.freeport,  PT. Indosat, beberapa BUMN lainnya jelas dianggap merugikan dan tidak mendatangkan keuntungan bagi kepentingan publik.

Menurut pendapat saya, Privatisasi BUMN boleh dilakukan asalkan memperhatikan asas kebijakan publik. Hak kontrol negara atas perusahaan tersebut juga sangat diperlukan. Privatisasi juga sebaiknya tidak dilakukan pada perusahaan negara yang menguasai hajat hidup orang banyak karena dikhawatirkan akan mempersulit kita bila terjadi masalah nantinya. Namun dalam melakukan privatisasi BUMN diperlukan kehati-hatian dan pertimbangan, karena apa bila kita salah mengambil tindakan, hal tersebut akan merugikan masyarakat dan negara lebih jauh lagi.

Peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam hal ini .Pemerintah harus memiliki kekuatan untuk mengontrol fungsi pelayanan, distribusi dan keadilan berkomsumsi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s