Tiga Kecerdasan Utama Manusia

Sejak kita lahir kita telah dianugrahkan akal sehat oleh Tuhan Yang Maha Esa. Di dalam akal sehat tersebut terdapat kecerdasan. Dengan adanya kecerdasan tersebut kita dapat berfikir dan belajar, mengembangkan berbagai macam ilmu yang ada. Sehingga kita dapat mempertahankan dan mengembangkan kualitas hidup kita. Sebenarnya terdapat 8 kecerdasan pada manusia, yaitu :

1.      Kecerdasan Linguistik

2.      Kecerdasan Logis Matematis

3.      Kecerdasan Spasial

4.      Kecerdasan Kinestetik Jasmani

5.      Kecerdasan Musikal

6.      Kecerdasan Antar Pribadi

7.      Kecerdasan Intra Pribadi

8.      Kecerdasan Naturalis

Akan tetapi pada dasarnya manusia memiliki tiga kecerdasan utama yaitu :

1.      Intelegent Quotient (IQ)

Intelegent quotient adalah ukuran kemampuan intelektual, analisis, logika dan rasio seseorang. hal ini berkaitan dengan keterampilan berbicara, kesadaran akan ruang, kesadaran akan sesuatu yang tampak, dan penguasaan matematika. IQ mengukur kecepatan kita untuk mempelajari hal-hal baru, memusatkan perhatian pada aneka tugas dan latihan, menyimpan dan mengingat kembali informasi objektif, terlibat dalam proses berpikir, bekerja dengan angka, berpikir abstrak dan analitis, serta memecahkan permasalahan dan menerapkan pengetahuan yang telah ada sebelumnya.

2.      Emotional Quotient (EQ)

Emotional  quotient adalah ketrampilan untuk mengenali dan mengelola perasaan dan emosi diri sendiri maupun orang lain. Termasuk pula didalamnya keberanian mengakui kelemahan dan kesalahan diri sendiri, kemampuan membuat komitmen, berani bertanggung jawab atau peka terhadap masalah, untuk segera mengambil langkah pemecahannya. EQ adalah kemampuan mengambil keputusan berdasarkan keseimbangan aspek emosional dan rasional, membuat keputusan yang manusiawi, namun tetap tegas dan sesuai aturan. EQ adalah kemampuan mengatasi konflik dan ketidakselarasan antar anggota kelompok kerja Anda

3.      Spiritual Quotient (SQ)

Spiritual quotient (SQ) adalah kecerdasan yang memfungsikan jiwa dalam untuk peka dan memahami segala kenyataan yang ada dalam kehidupan.  Dengan kata lain kecerdasan SQ adalah kecerdasan untuk menghadapi persoalan dalam hidup.  Kecerdasan spiritual lebih berurusan dengan pencerahan jiwa. Orang yang memiliki SQ yang tinggi mampu mengatasi pensderitaan hidup dan memberikan makna yang positif pada setiap masalah dan penderitaan yang dihadapinya. Kecerdasan Spiritual (SQ) adalah landasan yang diperlukan untuk memfungsikan IQ dan EQ secara effektif. Bahkan SQ merupakan kecerdasan tertinggi kita.

Kesimpulan :

Ketiga kecerdasan diatas (IQ, EQ dan SQ) merupakan suatu sistem yang bekerja dalam satu kesatuan dan saling terkait di dalam diri kita, dan tidak mungkin untuk dipisahkan fungsinya. Ketiganya harus berjalan secara seimbang.

Dalam menjalani kehidupan kita membutuhkan IQ untuk mempertimbangkan setiap rencana keputusan yang hendak kita ambil dengan menemukan fakta yang akurat dan objektif, serta memprediksi risiko dan konsekuensi yang akan ditimbulkan.

Lalu EQ dibutuhkan karena dalam menjalani kehidupan tersebut kita tidak hanya mengandalkan kemampuan logika yang kita miliki, akan tetapi dibutuhkan suatu interaksi sosial, memahami perasaan orang lain menjadi faktor penting dalam menimbang dan memutuskan.

Dan SQ dibutuhkan untuk memenejemen jiwa kita agar kita mampu memberikan makna positif pada setiap permasalahan yang datang. Sehinggga kita mampu mengarahkan diri kita untuk melakukan hal – hal yang positif.

Tiap manusia pada dasarnya dianugrahkan oleh Tuhan kecerdasan, tetapi yang menentukan kita berhasil atau tidaknya adalah bagaimana kita mampu mengelola dan menyeimbangkan fungsi IQ, EQ, dan SQ dalam menjalani kehidupan kita.

sumber : http://www.scribd.com/doc/37701236/ISBD-IQ-EQ-dan-SQ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s