Tersenyumlah

Sungguh Maha Pemurah Tuhan Yang Maha Esa dengan semua nikmat yang telah diberikan kepada kita. Nikmat nikmat tersebut baik kita sadari maupun tidak sadari. Sadar atau tidak senyum adalah rahmat yang diberikan oleh Tuhan.

Senyum adalah salah satu cara untuk membangun hubungan sosial dengan orang lain. Siapapun dia tanpa pandang ras, kekayaan dan latar belakang.

Senyum adalah lambang dari, keramahan sehingga dapat membuat seorang individu akan dikenang sebagai seorang yang baik, tenang, dan ramah. memberi senyum adalah salah satu fasilitas untuk membangun jaringan, memudahkan usaha, dan memudahkan segalanya

1. Senyum

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), senyum didefinisikan sebagai gerak tawa ekspresif yang tidak bersuara untuk menunjukkan rasa senang, gembira, suka, dan sebagainya dengan mengembangkan bibir sedikit.

Ketika kita menggerakan otot senyum kita saat itu lah kita sedang senyum. Otot senyum bekerja secara refleks spada saat saat otak mendapatkan rangsangan – kegembiraan, kesenangan, rasa hormat, dan lain-lain terkait dengan kebaikan. Senyum pula dapat disebabkan oleh orang lain yang memberikan sebyuman kepada kita maka secara reflek apa bila hati kita tulus dan ikhlas maka kita akan membalasnya

Dalam konteks agama, senyum bernilai ibadah karena dianggap memiliki kesamaan dengan sedekah. Orang telah dianggap bersedekah hanya dengan tersenyum kepada orang lain karena apabila senyum yang kita lakukan adalah senyum secara ikhlas maka senyum tersebut mampu membuat seseorang yang melihatnya merasa senang, dan sejuk hatinya.

Senyum adalah seni yang tercermin dari kedamaian hati. jika kita melempar senyum kepada orang lain, maka orang itu juga akan merasa damai seperti kita.

Senyum yang murni adalah senyum yang dilandaskan dari hati yang dlakukan secara ikhlas, bukan dimaksutkan untuk mengejek atau senyum yang dilakukan secara sinis

2.  Manfaat Senyum

Tidak ada satupun hal yang diciptakan oleh Tuhan jika tidak ada manfaatnya. Sama halnya dengan senyum yang dianugrahkan kepada manusia. Senyum membawa manfaat bagi pelaku maupun penerimanya.  Oleh karena senyum adalah sebuah rahmat yang Tuhan ciptakan untuk kebaikan maka senyum itu harus dilandaskan kepada kebaikan pula.

Senyum membuat anda tetap positif

Senyum adalah sesuatu yang bernilai positif karena senyum adalah buah hasil dari rasa kedamaian, kegembiraan dan segala hal yang berhubungan dengan kebaikan. kedua hal tersebut saling bertentangan.  Ketika anda tersenyum, maka senyum tersebut akan  mengirimkan sinyal positif kedalam tubuh kita. Karena sesuatu yang  positif bertentangan dengan hal – hal negatif maka secara refleks senyum akan membuat kita menjadi selalu berfikir positif.

Senyum membuat anda lebih menarik

Senyum adalah bagian dari keceriaan secara alamiah kita akan selalu tertarik pada orang yang selalu tersenyum. Orang yang selalu tersenyum  memiliki daya tarik tersendiri. Wajah yang berkerut, cemberut, membuat orang menjauh dari kita karena dapat menimbulkan perasaan yang tidak menyenangkan kepada orang yang melihatnya

Senyum mengubah mood anda

Ketika anda merasa jatuh atau  sedih cobalah untuk tersenyum terlebih dahulu karena senyum adalah sesuatu yang positif sehigga nilai – nilai positif yang ada didalamnya dapat memengaruhi mood buruk kita menjadi baik.

Senyum dapat merangsang orang lain tersenyum

Ketika seseorang tersenyum maka senyum tersebut akan membuat suasana menjadi lebih cerah, mengubah mood orang lain yang ada disekitarnya dan membuat semua orang menjadi senang. Orang yang suka tersenyum membawa kebahagiaan buat orang yang ada di sekitarnya. Seringlah tersenyum maka anda akan disukai oleh banyak orang.

Senyum dapat mengurangi stres

Senyum dapat mengurangi stres. Stres secara nyata dapat muncul di wajah anda. Senyum membantu mencegah kesan bahwa kita sebenarnya sedang lelah atau merasa “down”. Jika anda sedang stres cobalah untuk tersenyum, maka stres anda akan berkurang dan anda akan merasa lebih baik untuk membuat langkah selanjutnya.

Manfaat Senyum bagi kesehatan

  •       Senyum meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh.

Senyum dapat membantu kerja imun tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Ketika anda tersenyum, fungsi imun meningkatkan kemungkinan anda menjadi lebih rileks.

  •        Senyum menurunkan tekanan darah anda.

Ketika anda tersenyum, maka tekanan darah anda akan menurun.

  •       Mengeluarkan endorphins (pereda rasa sakit secara alami) dan serotonin.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa senyum dapat merangsang pengeluaran endorphin, pereda rasa sakit yang alami, serta serotonin. Senyum memang obat yang alami.

  •       Senyum dapat melenturkan kulit wajah dan membuat anda terlihat lebih muda.

Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum ikut membuat anda terlihat lebih muda. Jika anda ingin sesuatu yang beda, maka berikan senyum anda sepanjang hari, maka anda akan terlihat lebih muda dan merasa lebih baik.

 

3.  Senyum dalam Kehidupan

Senyum dalam kehidupan kita sehari-hari, memainkan peranan penting pada keseluruhan aspek kehidupan. senyum merupakan media termudah untuk mendekatkan antara kedua orang yang memiliki jarak berbeda. Ketika kita sedang berbicara dengan seseorang, misalnya, seringkali kita atau pun lawan bicara kita melemparkan senyum untuk menunjukkan keramahan, kegembiraan atau ketulusan.

Senyum mampu berdampak pada interaksi sosial, kepercayaan diri dan dapat mempengaruhi bagaimana persepsi seseorang terhadap orang lain.

Ketika seseorang tersenyum maka senyum tersebut akan membuat suasana menjadi lebih cerah, mengubah mood orang di sekitarnya dan membuat semua orang menjadi senang. Orang yang suka tersenyum akan membawa kebahagiaan buat orang lain di sekitarnya. Kata sahabat saya, “sering-seringlah tersenyum, maka kamu akan disukai oleh banyak orang.

Senyum merupakan pertanda awal bahwa seseorang siap dan terbuka untuk menerima orang lain. Sering kita melihat bukan, ada orang yang selalu tersenyum ketika bertemu dengan orang lain. Itu artinya bahwa ia memiliki kemampuan intrapersonal dan interpersonal yang baik.

Orang yang bahagia, beban jiwanya menjadi lebih ringan sehingga lebih mudah untuk mengekspresikan senyum dari lubuk hatinya.

Dampak positif senyum dalam kehidupan bagi para pelakunya antara lain, senyum mampu mengurangi tingkat stres, meningkatkan kekebalan, memicu perasaan optimis, dan dapat meningkatkan hubungan baik dengan orang lain. Bagaimana dinamikanya?

Berbeda dengan senyum yang dipaksakan. Senyum palsu atau tidak dari dalam hati, dapat berpotensi menyebabkan suasana hati tertekan. Akbitnya secara emosional orang yang melakukan senyum dengan terpaksa akan merasa lelah. Jika hal ini terus dibiarkan bisa menyebabkan yang bersangkutan seolah-olah merasa kehilangan identitas pribadi.


      Kesimpulan

Senyum adalah rahmat yang diberikan tuhan kepada kita, tidak ada makhluk lain ciptaan Tuhan di bumi ini yang dapat memlakukan dan memberi senyum selain manusia. Menebar senyum adalah awal yang baik bagi seseorang, apalagi jika baru kenal dengan orang asing. Senyum bisa membuat suasana menjadi tidak membosankan. Senyum mampu memberikan kesenang membawa perdamaian dan memberikan kenyamanan dalam berinterkasi sosial. Senyum yang dapat membawa kebaikan adalah senyum yang dilandaskan oleh rasa ikhlas bukan rekayasa dan dimaksutkan untuk kebaikan. dengan tersenyum, masalah yang anda hadapi akan sedikit ringan.

sumber :

http://hiburan.kompasiana.com/humor/2010/10/13/murah-senyum-itu-mudah/

http://kesehatan.kompasiana.com/kejiwaan/2011/03/23/senyum-antara-menyehatkan-dan-tidak/

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6977181

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s